Pages

Subscribe:

Jumat, 21 September 2012

Tips Jitu Atasi Kulit Bersisik

Buah Mengkudu mengandung banyak khasiat
Khasiat buah mengkudu untuk kesehatan, sudah tak diragukan lagi. Tumbuhan khas Indonesia yang masih sejenis kopi-kopian ini ternyata juga manjur mengatasi kulit bersisik.
Kulit bersisik memang tidak hanya mengganggu penampilan seseorang, juga membuat kulit menjadi sensitif. Kulit juga akan menjadi  kasar dan mengelupas. Kondisi tersebut diakibatkan hilangnya lapisan luar kulit atau disebut dengan epidermis dalam jumlah besar dan membuatnya menjadi tidak elastis.
“Ciri kulit yang bersisik umumnya kering dan rentan terkena masalah seperti eksim. Kondisi ini kadang membuat seseorang merasa gatal. Jika terus-menerus digaruk dapat menyebabkan kulit iritasi,” ujar praktisi herbal, Hafidzullah Amin, saat ditemui Harian Jogja, di Jl. Purwodiningratan, NG 1/914, Jogja, Selasa (13/2).
Tak perlu khawatir, karena hal itu dapat diatasi dengan  mengkudu. Mengkudu dketahui mengandung minyak yang kental dan murni sehingga cocok dijadikan sebagai pelembap.
Hafidzullah menambahkan, buah yang berbau menyengat ini juga mengandung triperten, olikosida, antrakinan, karoten, dan askorbin yang ternyata dapat digunakan untuk melembutkan kulit dan membantu pada proses peremajaan kulit. Buah ini juga kaya akan kandungan kimiawi, di antaranya senyawa terpenoid yang dapat membantu tubuh dalam proses sintesa organik dan pemulihan sel-sel tubuh.
Untuk mengatasi kulik bersisik, kupas buah mengkudu matang, lalu oleskan pada kulit yang bersisik. Diamkan selama lima hingga 10 menit. Seanjutnya bersihkan dengan kain bersih yang dibasahi air hangat. Jika dilakukan secara rutin, maka kulit akan terlihat lembut.
Saat ini telah ada kapsul mengkudu produk Tazakka, yang telah diproses secara higienis dan dengan dosis yang telah disesuaikan. Kapsul itu aman dikonsumsi setiap harinya untuk mengatasi kulit bersisik.
“Kurangnya  asupan  air putih setiap harinya, dapat membuat kulit kering yang dapat memicu kulit bersisik dan kusam. Pastikan tubuh mendapat asupan air yang cukup sehingga kelembapan kulit tetap terjaga,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar