Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 19 September 2012

CARA MENGATASI KULIT BERSISIK

Pernah tidak temen-temen kepikiran tentang kulit temen-temen ? jawabnya pasti pernah kan ? bahkan saya yakin temen-temen sangat care sekali dengan kulit temen-temen, hehe. Karena apa, karena yang namanya kulit, itu kan tampilan terluar kita? Bener tidak? Yang dilihat orang lain saat pertama bertemu dengan kita kan pasti penampilan luar kan, jadi ya kulit merupakan factor penting dalam kehidupan temen-temen sekalian tentunya. Memang sih, ada pepatah mengatakan  “Don’t Judge The Book Just From The Cover”, tetapi temen-temen tidak boleh mengabaikan penampilan luar temen-temen hehe, kalau bisa kan bagus luar dan dalam :)
Kulit bersisik selain dapat berdampak mengganggu penampilan seseorang, akan berdampak pulsa kepada kondisi psikologis orang yang mempunyai kulit yang bersisik, yaitu dapat membuat orang tersebut menjadi frustasi, sensitif dan dalam  kasus-kasus  tertentu terkadang menyakitkan. Hmm,.. agak ngeri juga ya :)
Oke, pastinya temen-temen sudah mengerti kan kenapa saya menyinggung mengenai kulit diatas tadi? Iya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah informasi yang semoga saja bisa bermanfaat bagi temen-temen, InsyaAlloh…saya amin in ya hehe..jadi pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai  CARA MENGATASI KULIT BERSISIK.

Oke langsung saja silahkan disimak baik-baik :

Kulit bersisik pada  dasarnya bukanlah merupakan suatu  penyakit, dan kulit bersisik tidak bersifat permanen, dan InsyaAlloh  dapat dihilangkan. jadi bagi temen-temen jika ada yng kulitnya bersisik, jangan sedih ya :). Akan tetapi memang, kulit kering bersisik lebih membutuhkan perhatian yang ekstra bila dibandingkan dengan jenis kulit lain yang lainnya.

Sebenarnya  Kulit kering bersisik lebih disebabkan karena kurangnya produksi sebum, minyak alami kulit, bisa juga terjadi akibat kekeringan yang dialami oleh kulit dan juga diakibatkan karena hilangnya lapisan kulit ( epidermis ) dalam jumlah yang cukup besar . Akibatnya, kulit menjadi terlihat kusam, kering, dan bersisik dan tidak elastis. Kulit bersisik biasanya terjadi pada seseorang yang mempunyai  jenis kulit kering dan pada orang yang sudah lanjut usia.

Kulit bersisik biasanya mempunyai tampilan yang kasar, mengelupas, sensitif dan kemerahan. Ketika kondisi kulit sudah seperti itu, maka kulit  tidak akan bisa lagi bekerja sebagai faktor pelindung. Dan ciri kulit bersisik ini pada umumnya sangat kering dan sangat rentan sekali terkena masalah kulit, seperti penyakit eksim. Kondisi seperti ini terkadang membuat seseorang merasa gatal yang jika terus menerus digaruk dapat menyebabkan kulit teriritasi dan mengalami ruam.
Namun, untuk lebih jelas dan ringkasnya,  saya akan menjelaskan penyebab kulit bersisik ini, yang saya ambil dan saya kumpulkan dari beberapa sumber, setelah tadi diatas saya juga  sudah menyebutkan beberapa penyebab kulit bersisik.
Namun, untuk lebih jelas dan ringkasnya akan saya menjelaskan penyebab kulit bersisik ini, yang saya ambil dan kumpulkan dari beberapa sumber, setelah tadi diatas saya juga  sudah menyebutkan beberapa penyebab kulit bersisik. Silahkan simak baik-baik :
Beberapa penyebab kulit bersisik :
1.   Faktor ketuturunan.
2.   Infeksi yang disebabkan oleh kusta atau HIV/AIDS.
3.   Kanker.
4. Penggunaan obat-obatan tertentu (nicotinic acis, cimetidine dan klofazimin).
5.   Sarkoidosis
6.   Terjadinya masalah pada kelenjar tiroid atau kelenjar penyakit.
7.   Gizi yang buruk
8.   Kurangnya perawatan kulit misalnya menggunakan sabun yang keras atau krim kulit yang tidak tepat.
9.  Untuk kaki bisa disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak pas sehingga menimbulkan sakit, infeksi jamur.
10.   Kulit bersisik juga sangat mungkin terjadi di musim dingin, karena angin yang muncul di musim dingin tidak bisa ditoleransi oleh kulit sehingga membentuk bercak seperti sisik di kulit.
11.  Selain itu bisa juga karena regenerasi lapisan kulit yang terlau cepat sehingga mengakibatkan kulit terkelupas dan bersisik.

Sekarang temen-temen sudah tahu penyebab kulit bersisik kan ?  
Lantas bagaimana cara mengatasinya ? jangan bingung dulu ya, karena ternyata ada kok cara untuk mengatasi kulit bersisik ini. Setelah saya berinternet ria, kesana kemari, muter sana muter sini akhirnya saya mendapatkan beberapa cara yang nantinya akan saya kelompokkan menjadi 2 bagian yang terpisah, dengan masing-masing cara itu terdiri dari beberapa point, karena saya mengambil info itu dari 2 sumber  yang berbeda. Oke, langsung saja disimak cara mengatasi kulit bersisisk berikut ini :

Cara mengatasi kulit bersisik yang pertama  ( terdiri dari  5 point ) :

1.    Menggosok kulit (scrub)
Basahi kulit yang bersisik, kemudian mulailah menggosoknya dengan lembut menggunakan spons atau sarung tangan exfoliating. Hal ini bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan juga mengelupaskan kulit dengan lembut.
2.    Menggunakan pelembab kulit yang cocok
Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kulit bersisik adalah menggunakan pelembab yang cocok dan memang dirancang untuk itu. Gunakan pelembab sambil dilakukan pemijatan sebelum tidur dan juga setelah selesai mandi.
3.    Menggunakan minyak vitamin E
Minyak vitamin E diketahui bisa digunakan untuk berbagai masalah kaki, karena ia memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada sel-sel kulit serta mendorong pertumbuhan membran sel kulit yang sehat. Sebagian dermatologis juga merekomendasikan penggunaan pelembab yang mengandung vitamin E sebagai bahan utama.
4.    Menggunakan minyak zaitun
Perawatan menggunakan minyak zaitun merupakan cara yang mudah untuk mengembalikan elastisitas kulit dan menyembuhkan kulit bersisik, karena ia membantu mempertahankan kelembaban. Cara penggunaannya bisa dicampur dengan minyak vitamin E lalu dioleskan ke kulit yang bersisik.
5.    Meningkatkan asupan air
Kurangnya asupan air bisa membuat kulit kering yang dapat memicu kulit bersisik dan kusam. Untuk itu pastikan tubuh mendapat asupan air yang cukup sehingga kelembabannya tetap terjaga.

Cara mengatasi kulit bersisik yang kedua ( terdiri dari 16 point ) :

1. Whipped cream sangat baik untuk kulit kering bersisik. Oleskan whipped cream kurang lebih 10 meni ke kulit, lalu bilas.
2. Gunakan yogurt dan susu penuh (bukan skim). Minimal tiga hari sekali, gunakan yogurt ke kulit karena asam laktatnya bisa berfungsi sebagai eksfoliator—mengangkat sel-sel mati sisik kulit. Diamkan 10 – 15 menit, lalu setelah itu bilas dengan air sambil digosok, dan oleskan susu ke kulit.  Susu berfungsi sebagai moisturizer dan dapat menghaluskan kulit.
3. Mandi dengan air dan baby oil
4. Mandi dengan air dan beberapa sendok minyak zaitun
5. Krim dari curd susu (apabila Anda memakai susu murni), oleskan ke kulit selama 30 menit, lalu bilas
6. Minum 8 – 10 gelas air per hari agar kulit selalu terhidrasi, dan mencegahnya dari kekeringan
7. Minyak zaitun, dioleskan ke kulit seperti memakai lotion. Campuran minyak zaitun dan minyak almond juga sangat baik untuk kulit.
8. Gliserin dan beberapa tetes jus lemon dicampurkan, gunakan pada kulit bersisik sebelum tidur. Pagi harinya, bilaslah kulit dengan air.
9. Lendir lidah buaya juga sangat baik untuk kulit bersisik
10. Rendam almond semalam dalam air, paginya dikupas dan dimakan. Almond sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit
11. Biasakan melakukan massage pada kulit bersisik saat cuaca jelek dan  memperparah kulit bersisikmu. Caranya, massage dengan minyak zaitun atau baby oil atau minyak vitamin E
12. Gunakan sabun yang berbasis krim susu dan bersifat moisturizing.
13. Makanlah produk hewani terutama lemak dan minyak agar tubuh dapat mempertahankan kelembapannya, tetapi jangan sampai berlebihan.
14. Jangan terlalu sering mandi dengan air panas, cukup air hangat atau suam-suam kuku saja, Karena air panas dapat menurunkan minyak alami kulit.
15. Rajin memakai lotion pelembab yang khusus untuk kulit kering, terutama yang berbasis Vitamin E, almond, dan minyak zaitun.
16. Bila kulit bersisik Anda sudah tergolong parah, terasa gatal, panas, meradang, dan mengelupas, segera pergilah ke dokter, karena kemungkinan kulit bersisik Anda bukan kulit bersisik biasa, tapi eczema atau psoriasis.
Sekian dahulu postingan saya kali ini mengenai CARA MENGATASI KULIT BERSISIK.
Semoga bermanfaat untuk semua dan jika ada kurang lebihnya saya minta maaf ya temen-temen :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar